Berkembangnya Bisnis Industri Kecantikan di Indonesia


Dalam beberapa tahun belakangan dapat kita perhatikan jika semakin bermunculan bisnis-bisnis baru di industri kecantikan. Dengan melihat pangsa pasar yang semakin bertambah banyak membuat banyak entrepreneur yang memutuskan untuk membuat bisnis baru yang produknya berbentuk make-up dan skincare. Terlebih dengan minat konsumen dari berbagai kalangan umur yang peduli akan penampilan dan kesehatan kulit membuat semakin banyak para entrepreneur yang tertarik untuk berkecimpung di industri kecantikan. Perkembangan bisnis ini juga didukung oleh faktor lainnya seperti, pengaruh dari influencer di social media yang memberikan ulasan terhadap suatu produk yang menciptakan dorongan besar pada penjualan produk,  hal ini akan membantu bisnis kecantikan baru mendapatkan exposure yang lebih luas. Dalam artikel ini kita akan membahas bisnis-bisnis kecantikan yang dalam beberapa tahun terakhir sudah berkembang dengan pesat dan dikenal di kalangan masyarakat


        Somethinc

Somethinc merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang didirikan oleh Irene Ursula pada tahun 2019. Brand ini melekat dengan imagenya yang selalu melakukan inovasi baru dalam memproduksi produk kecantikan yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Produk yang menjadi ikon dari Somethinc adalah berbagai varian serum yang sangat bervarisi untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Selain itu dalam lini produk makeup, cushion Somethinc juga menjadi produk favorite bagi beauty enthusiast. Pencapaian brand kecantikan ini didukung oleh perubahan perilaku berbelanja masyarakat Indonesia di tahun 2019 yang sebelumnya offline menjadi online(e-commerce). 

(Source: journal.sociolla.com)


        ESQA

ESQA menjadi brand kecantikan Indonesia yang mengutamakan konsep vegan pada produk kosmetiknya. Brand ini didirikan oleh Kezia Toemion dan Cindy Angelina  pada tahun 2016. Produk-produk kecantikan yang dikeluarkan ESQA telah disesuaikan dengan skintone masyarakat Indonesia. Setelah 7 tahun berdiri, ESQA sudah berkembang dan berinovasi untuk menghasilkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, ESQA juga menjadi brand pertama yang mengeluarkan 3 in 1 yang berisikan bronzer, highlighter, dan blush. Produk ini pun sangat diminati oleh banyak orang hingga saat ini produk tersebut tetap menjadi best seller di antara produk ESQA lainnya. 


(Source: katadata.co.id)




        Mother of Pearl (MOP)

Mother of Pearl (MOP) merupakan brand makeup yang dibentuk oleh beauty vlogger Indonesia bernama Tasya Farasya. MOP didirikan pada tahun 2021 dan mengeluarkan 3 produk makeup yang berbentuk primer, powder, dan concealer. Dengan pengalamannya sebagai makeup artist (MUA), Tasya Farasya mengembangkan produk-produk yang memiliki formula yang dapat membuat makeup memiliki daya tahan dan tidak mudah luntur.  Setelah 2 tahun berdiri, MOP terus memproduksi produk-produk kecantikan lainnya seperti eyeshadow dan lipstick.


(Source: sociolla.com)



        Dear Me Beauty
Nikita Wiradiputri adalah CEO dan pemilik brand Dear Me Beauty. Nikita mendirikan Dear me Beauty di tahun 2017 dan produk pertamanya adalah lip cream. Dalam beberapa tahun terakhir Dear Me Beauty dikenal di kalangan masyarakat akan kolaborasi produk makeup dengan brand makanan seperti KFC, permen Yuppy, dan Chatime. Visi dari Dear Me Beauty adalah mengingatkan kalangan masyarakat untuk tetap percaya diri akan kecantikan masing-masing. Hingga tahun 2023, Dear Me Beauty telah menawarkan berbagai jenis produk kecantikan seperti foundation, pensil alis, dan eyeshadow


        Avoskin

Avoskin merupakan brand kecantikan asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2014 oleh Anugrah Pakerti. Brand ini menghasilkan produk dari dari PT AVO Innovation Technology. Dalam perjalanan bisnisnya Avoskin telah mengeluarkan berbagai produk skincare yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kategori skincare Avoskin dibagi menjadi, acne, anti aging, brightening, cleansing, exfoliating, moisturizing dan retinol series. Pencapaian Avoskin bisa dilihat dari penghargaan yang diterima di Female Daily Awards di kategori best eye cream dan best exfoliating toner

(Source: shopping.tribunnews.com)


        BLP

By Lizzie Parra berdiri di tahun 2016 oleh Elizabeth Christina Parameswari atau yang lebih dikenal dengan nama Lizzie Parra. Brand kecantikan ini berdiri setelah Lizzie Parra melihat jika brand kecantikan di Indonesia masih banyak didominasi oleh brand internasional. Produk pertama yang dikeluarkan BLP adalah lip coat. Dengan terus berkembang dan dikenal oleh banyak beauty enthusiast BLP terus mengeluarkan jenis produk kecantikan baru seperti BLP Face Powder, BLP Lip Stain, dan BLP Face Glow. 

(Source: beautynesia.id)

        Rose All Day

Rose All Day Cosmetics menjadi sebuah brand kecantikan asal Indonesia yang didirikan oleh Tiffany Danielle, Cindy Gunawan, dan Samantha Wijaya. Brand ini memulai perjalanan bisnisnya di tahun 2017 dan hingga sekarang brand ini terus berkembang dan semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Rose All Day Cosmetics menawarkan berbagai jenis makeup dalam berbagai kategori seperti mata, wajah, bibir, dan juga produk skincare. Tujuan utama RADC adalah menjadi solusi yang nyaman dan mendorong kepercayaan diri pengguna untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka tanpa perlu menggunakan terlalu banyak makeup. Produk dari RADC yang terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna makeup adalah Thunder Lash Mascara.

(Source: roseallday.co)


        Luxcrime

Luxcrime menjadi salah satu brand kecantikan asal Indonesia yang berdiri pada 2015 oleh Ahmad Nurul Fajri. Brand ini menawarkan produk dengan kemasan yang menarik dan memiliki kualitas produk yang tinggi. Luxcrime telah menciptakan dan menjual berbagai produk makeup dan skin care yang bervariasi, mulai dari eyebrow, complexion, setting spray, cleanser, hingga moisturizer. Produk dari Luxcrime yang paling terkenal dan laku di pasaran adalah Blur & Cover Two Way Cake​​. 

(Source: luxcrime.com)

        Make Over

Make Over merupakan bagian dari PT Paragon Technology and Innovation, yang berdiri pada 2010. Brand ini dikenal dengan produknya yang berkualitas, seperti Make Over Hydration Serum Primer, Make Over Powerstay Demi-Matte Cover Cushion, dan Make Over Powerstay Weightless Liquid Foundation.

(Source: makeoverforall.com)


        Studio Tropik

Studio Tropik berfokus pada menciptakan produk setting spray dan skincare. Brand ini didirikan pada 2017 oleh Melissa Angelina. Studio  Tropik dikenal dengan setting spray yang banyak digunakan dan menjadi pilihan utama banyak oleh Makeup Artist (MUA) di Indonesia. Dengan kualitasnya yang baik dan mampu membuat makeup tahan lama, Studio Tropik menciptakan gebrakan dalam industri kecantikan Indonesia. Produk setting spray dari Studio Tropik terkenal karena kualitasnya yang luar biasa. Selain setting spray mereka juga menawarkan produk skincare seperti toner dan moisturizer.


(Source: soco.id)


        Rollover Reaction

Rollover Reaction didirikan pada 2016 oleh Tinanda Nabila, Sarah Novia Hartono, Novianti Haryanto, and Dinar Amanda, Rollover Reaction berhasil menjadi salah satu brand makeup lokal yang banyak diminati oleh beauty enthusiast. Produk dari Rollover Reaction yang paling dikenal adalah lip and cheek tint.  Para pendiri Rollover Reaction membangun bisnis ini setelah melihat kurangnya produk makeup berkualitas tinggi yang dapat yang dapat diakses dan sesuai dengan preferensi perempuan Indonesia modern


(Source: beautyhaul.com)



Berikut adalah brand-brand kecantikan asal Indonesia yang dikenal oleh banyak orang. Industri kecantikan di Indonesia akan terus berkembang dan banyak merek lokal lainnya juga terus bermunculan dengan inovasi produk yang menarik.


Referensi:

Referensi:

https://journal.sociolla.com/beauty/rahasia-kezia-toemion-membangun-esqa-cosmetics 

https://www.pinterpolitik.com/pinter-ekbis/mother-of-pearl-produk-unggulan-tasya-farasya/ 

https://www.fimela.com/beauty/read/5088559/fimela-awards-local-beauty-amp-personal-care-products-viral-dengan-kolaborasi-dear-me-beauty-punya-prestasi?page=2 

https://id.my-best.com/137246 

https://blpbeauty.com/id/pages/about-us 

https://journal.sociolla.com/beauty/merek-kecantikan-lokal-disangka-merek-luar-negeri 

https://rollover-reaction.com/pages/about#:~:text=Rollover%20Reaction%20was%20brought%20to,of%20modern%20day%20Indonesian%20women.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa mitos yang bisa bikin diet kamu gagal! Jadi yang fakta tuh yang mana?

JAMIN TURUN BERAT BADAN DENGAN PROGRAM INTERMITTEN FASTING? PUASA SEHARIAN GAK BOLEH MAKAN DAN MINUM? EMANG BOLEH?

AYO KURANGI KONSUMSI GULA, TERNYATA JADI BIANG PENYAKIT BAGI TUBUH KAMU