3 Alasan Mengapa Sunscreen Merupakan Hal Penting

Di tengah cuaca yang panas dan terik, sinar paparan matahari yang terkena kulit akan menimbulkan kerugian dan menyebabkan kerusakan pada kulit secara perlahan. Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang bisa kita gunakan di akhir rangkaian produk perawatan kulit kita.  Penggunaan sunscreen bukan hanya menjadi step opsional atau tambahan dalam rutinitas skincare. Peran sunscreen menjadi kunci dan pilar agar proses perawatan kulit dapat berhasil secara optimal. Sunscreen tidak hanya pelindung dari panas matahari, tetapi sunscreen berperan penting dalam melawan kerusakan akibat paparan UV seperti  penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan risiko kanker kulit. Dalam blog ini, kita akan mengeksplorasi tiga alasan kuat mengapa penggunaan sunscreen menjadi pondasi dalam menjaga kulit kita dari dampak negatif sinar matahari.


(Source: annesa.id)

Terlindungi dari Sinar Matahari

Saat kulit wajah kita terkena paparan sinar UV secara langsung, dalam jangka pendek kulit akan menjadi meth, menjadi lebih kering dan mengelupas, bahkan dapat membuat kulit menjadi belang. Efek dari paparan sinar matahari yang tidak dilindungi sunscreen akan membuat muka terasa perih. Terlebih apabila kita memiliki frekuensi terkena sinar matahari secara terus menerus setiap harinya dan tidak menggunakan sunscreen, dapat membuat kulit menjalani proses penuaan dini yang memunculkan kerutan atau flek di muka. Sinar UVA pada matahari akan merusak kulit yang dimana hal ini membuat kulit mengalami penuaan dini seperti garis halus pada wajah. Sedangkan paparan sinar UVB yang tidak dilindungi sunscreen akan membuat kulit terasa terbakar (sunburn). Dari penjelasan ini bisa kita ketahui jika dengan menggunakan sunscreen, kulit akan lebih terlindungi dari risiko-risiko yang merugikan. Dengan konsisten menggunakan sunscreen setiap harinya kita bisa menurunkan potensi bahaya dari paparan sinar matahari.


Mencegah Kanker Kulit

Benefit lainnya dari penggunaan sunscreen yaitu dapat mencegah kanker kulit.  Paparan sinar matahari yang berlangsung lama akan semakin membuat DNA sel kulit menjadi rusak. Kerusakan DNA pada sel kulit terjadi karena sinar UVB yang membuat kulit terbakar.  Dengan mengaplikasikan sunscreen pada wajah, kita dapat meminimalisir dampak buruk seperti risiko kanker kulit ini. Penggunaan sunscreen dapat menjadi langkah bagi kita untuk investasi jangka panjang demi wajah yang bersih dan menjadi lapisan perlindungan dari dampak buruk sinar matahari. 


Mencegah Kulit Belang

Paparan sinar UV dapat merangsang produksi melanin yang akan memberikan warna di kulit kita. Sunscreen bekerja dengan menghalangi sinar UV dan mencegah rangsangan yang berlebihan pada produksi melanin. Jika paparan sinar matahari yang terkena muka terlalu berlebihan dan tanpa dilindungi sunscreen akan menyebabkan terjadinya penumpukan melanin, yang nantinya dapat menciptakan bintik-bintik gelap atau kulit belang. Kulit yang sudah dilindungi dengan sunscreen akan memiliki resiko hiperpigmentasi yang lebih sedikit. 


Dari ketiga alasan diatas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan sunscreen merupakan step yang tidak kalah penting dengan step skincare lainnya. KIta tidak bisa meremehkan dampak negatif dari sinar UVA dan UVB yang dalam jangka pendek dan panjang memiliki efek yang merugikan pada kulit wajah kita. Dengan kepedulian dan konsisten menggunakan sunscreen, maka nanti kulit akan menjadi lebih terawat dan sehat. 


Referensi:
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/manfaat-pakai-sunscreen/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beberapa mitos yang bisa bikin diet kamu gagal! Jadi yang fakta tuh yang mana?

JAMIN TURUN BERAT BADAN DENGAN PROGRAM INTERMITTEN FASTING? PUASA SEHARIAN GAK BOLEH MAKAN DAN MINUM? EMANG BOLEH?

AYO KURANGI KONSUMSI GULA, TERNYATA JADI BIANG PENYAKIT BAGI TUBUH KAMU